(Pertempuran Sebenarnya) Yamaha Paling Hebat

>> Selasa, September 9

Sebagaimana artikel sebelumnya (Ronde 10, Honda masih unggul…!!!), gue coba menganalisa peta pertempuran yang sebenernya… !!! Jika dilihat peta pertempuran dari tahun 2005, maka terlihatlah bahwa sebenernya Yamaha mengalami kemajuan yang sangat cepat…!!! Ibarat Valentino Rossi… yang start di urutan belakang… langsung di lap berikutnya sudah membayangi sang juara…!!! Gimana nggak…??? Di tahun 2005, Honda berhasil membukukan penjualan sebesar 2.6 juta unit motor, sedangkan Yamaha cuma 1.2 juta unit motor…!!! Ditahun 2006, Honda kesulitan dan mengalami penurunan penjualan yaitu sebesar 2.3 juta unit, sedangkan Yamaha berhasil menjual sebesar 1.4 juta unit…!!! Khan bisa bilang bahwa, pada tahun 2006 market sepi …atau mengalami penurunan total penjualan…. dari 5 juta unit di tahun 2005, menjadi cuma 4.4 juta unit di tahun 2006…!!! Jadi wajar dong… kalau penjualan turun… ??? Iya wajar saja… tapi kalau di market.. total penjualan menurun… Yamaha bisa meningkat… itu baru ruaaarr biasa…!!! :D



Gimana di tahun 2007…??? Baru berjalan 10 bulan saja… Honda baru membukukan penjualan sebesar 1.7 juta motor…!!! Tarohlah sisa 2 bulan… penjualan perbulan 225 rebu… maka total penjualan honda menjadi 2.15 jeti unit…!!! Tetep aza turun dari tahun sebelumnya…!!! Gimana dengan Yamaha…??? Sampai dengan 10 bulan… yamaha sudah menjual 1.5 jeti unit…!!! Sudah lebih 100 rebu unit… dibandingkan tahun 2006. Jika perbulan berhasil menjual 150 rebu unit.. maka diperkirakan Yamaha bisa menjual 1.8 juta unit…!!! Atau lebih tinggi 400 rebu unit dibandingkan tahun 2006…!!! So menurut gue …cukup fantastis…!!! Kagak peduli… market naik atau turun… Yamaha selalu meningkat penjualannya… tapi Honda… selalu menurun…!!! Ini fakta… Justru bersyukurlah dengan adanya fakta… karena dengan adanya fakta.. bisa diambil decision… daripada terlambat…!!!



Selisih penjualan antara Yamaha dengan Honda pun.. semakin mengecil gapnya….!!! Di tahun 2005, sekitar 118 rebu perbulan selisihnya…!!! Di tahun 2006 selisihnya makin mengecil.. sekitar 73 rebu….!!! Dan sampai oktober 2007.. selisih perbulan sekitar 18 rebu perbulannya…!!! Patut dicatat bahwa 18 rebu unit ini… juga gara-gara Honda pakai jurus terakhirnya… yang nurunin 1 jeti untuk Supra X 125…!!! Jika tidak… maka selisih nya rata-rata hanya sampai 4 rebu unit perbulan…!!! So.. dari 118 rebu di lap 1, teruz menjadi 73 rebu di lap ke 2, dan menjadi 18 rebu di lap 3… ini mah seperti Rossi yang kesetanan… mengejar Pedrosa…!!!




Memang gap yang coba dikejar Yamaha… ada limitasinya… yaitu faktor produksi… yang masih dibawah Honda… disamping itu… juga Honda sudah mengeluarkan jurus banting harga… dan ini nggak direspons oleh Yamaha….!!! Mungkin sedikit aza kesalahan Yamaha… jika saat itu juga Yamaha ikut-ikutan banting harga… nggak bakalan selisih nya menjadi 18 rebu unit perbulan… paling juga 6 - 8 rebu unit saja perbulan…!!! Walaupun bozz Yamaha bilang ingin menjadi nomor 1 tanpa mau perang… kalau liat angka-angka… bukan perang lagi… tapi sudah terjadi perang… dan nggak lama bakalan memenangkan perang…!!! So… hikmah yang perlu diambil… adalah… bagi pendukung honda… yah kudu ngeliat realita.. dan kudu memberikan input yang baik… jangan bilang… musuh masih jauh… atau tetep Honda paling hebat… lha wong penjualan menurun kok…!!! Jangan pula bilang… brand image masih kuat… lha wong penjualan juga menurun kok..!!! Jangan pula bilang … harga jual kembali lebih tinggi… lha wong harga baru juga didiscount kok…!!! So bagi yang lain… mungkin bisa dipelajari.. atau nggak copy-paste deh… apa sih yang menyebabkan Yamaha… bak kesetanan dan ngacir mengejar Honda…??? Kalau ada waktu… mari kita bedah.. the secret weapon of Yamaha.. ocree…???

0 komentar:

Lembaga Pembiayaan

Sebagai salah satu komitmen kami untuk menjembatani kebutuhan transportasi anda, kami MM YAMAHA Soreang telah menjalin dan bekerja sama secara bilateral dengan beberapa Lembaga Pembiayaan untuk memfasilitasi Konsumen dalam melakukan pembelian dengan cara Kredit, diantaranya :

- Bank Perkreditan Rakyat Jelita (BPR JELITA)
- Summit Otto Finance (SOF)
- ADIRA Finance
- Busan Auto Finace (BAF)
- Wahana Otto Mitra (WOM)

Selain itu, kami MM YAMAHA Soreang akan dengan senang hati melayani anda dan membantu memberikan konsultasi kepada anda tentang produk, pembiayaan, serta fasilitas lain sebagai sarana pendukung dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan secara menyeluruh.



  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP